Bingung Pilih Rumah dengan 1 Lantai Ataukah 2 Lantai ?? Yuk Lihat Tips Berikut ini

Bingung Pilih Rumah dengan 1 Lantai Ataukah 2 Lantai ?? Yuk Lihat Tips Berikut ini 

Dikala membangun rumah, ada kalanya pemilik merasa bimbang, cukup membangun rumah 1 lantai atau perlu membuat rumah dengan 2 lantai? Tentunya dalam mengambil keputusan ini perlu dipertimbangkan bagus-bagus dan seksama. Lihat kelebihan dan kekurangan masing-masing dulu lalu tentukan yang mana yang paling pas untuk Anda!




1. Keperluan Ruang

Lihat kembali kebutuhan ruangan Anda dan keluarga. Kalau keluarga Anda termasuk keluarga besar dan Anda berencana tinggal dengan orang tua atau adik kakak Anda, pertimbangkan kembali luas sempurna yang dibutuhkan dengan luas tanah yang Anda miliki. Perhitungkan dengan cermat luas setiap ruangan supaya nyaman diterapkan segala anggota keluarga. Jikalau masih memungkinkan untuk memakai 1 lantai maka tak persoalan, jikalau Anda merasa 1 lantai saja tidak cukup memenuhi kebutuhan ruangan Anda, coba pertimbangkan untuk membuat 2 lantai atau pun 3 lantai.





Konsep Arsitektur Rumah Modern Terupdate 3



2. Budget

Budget tentu saja menjadi salah satu perhatian khusus yang tidak boleh dianggap enteng. Membangun rumah 2 lantai pasti membutuhkan dana yang lebih besar ketimbang membangun rumah 1 lantai. Sebelum membangun rumah sebaiknya Anda mempunyai Rencana Anggaran Biaya secara mendetail berapa saja tarif yang dibutuhkan mulai dari membangun hingga rumah berdiri. Persiapkan anggaran Anda dengan jitu!



Konsep Arsitektur Rumah Modern Terbaru 4



Konsep Arsitektur Rumah Modern Terkini 5



3. Ruang privat dan publik

Jika Anda tinggal bersama dengan keluarga lain, seumpama keluarga Anda (suami istri dan anak) dan keluarga orang tua pada satu rumah, sebaiknya Anda memiliki zona yang benar-benar milik Anda (privat). Dan hal ini bisa ditempuh dengan membagi rumah menjadi area publik dan privat. Zona dapur, ruang keluarga, ruang makan sebagai ruangan publik, dan kamar tidur sebagai ruang privat.

Bila Anda memiliki rumah 2 lantai, maka rumah bisa dibagi menjadi 2 seakan lantai 1 menjadi rumah orang tua Anda dan lantai 2 seakan menjadi rumah Anda. Profit dengan mempunyai rumah 2 lantai ialah Anda seakan mempunyai satu lantai khusus untuk Anda dan keluarga kecil Anda, namun terkadang di ruangan publik seperti ruang makan Anda dapat bersosialisasi dengan keluarga besar Anda. Bedanya dengan rumah 1 lantai ialah, lazimnya ruang privatnya hanya kamar tidur saja yang berisi tempat tidur jati jadi ruangan yang Anda punya untuk khusus keluarga Anda saja amat kecil dan terbatas.

4. Desain arsitektur rumah

Desain arsitektur rumah 2 lantai biasanya tampil lebih ‘wah’ dibandingi rumah satu lantai. Sebab di Indonesia biasanya terdapat pagar tinggi yang menghalangi panorama dari luar, sehingga kebanyakan orang dengan rumah 1 lantai tak terlalu peduli dengan desain arsitektur rumahnya sebab toh tidak menonjol tertutup pagar. Bila Anda berharap tampilan arsitektur yang ‘wah’ dengan 1 lantai, bisa saja, melainkan rumah 2 lantai memiliki kelebihan tampilannya lebih menarik. Kenapa? Karena dengan 2 lantai terdapat lebih banyak tipe desain arsitektur yang lebih dapat ditampilkan dan ditonjolkan.

Sesudah mengamati sebagian kelebihan dan kekurangan dari masing-masing rumah, yang mana yang paling ideal untuk Anda dan keluarga? Kami dari tim www.Arsitektur.me menyediakan beberapa alternatif arsitek yang bisa membantu Anda merenovasi maupun merancang bangunan rumah huni sesuai keperluan dan keingian Anda. Jasa arsitek profesional dari kami siap membantu Anda dalam mendesain dan memberikan ide untuk desain facade, landscape dan arsitektur rumah huni Anda. Jasa arsitek kami tersedia untuk zona Jakarta dan sekitarnya. Hubungi kami di sini sekarang!

Komentar